Yakin Sudah Bersih? Ini Cara Ampuh Cegah Lumut di Kamar Mandi

Area kamar mandi adalah bagian dari rumah yang dipastikan akan selalu lembab dan basah. Walau ada waktu-waktu tertentu dimana kamarmandi kering namun lebih sering area ini selalu dalam keadaan lembab. Ditambah dengan kesibukan orang yang semakin tinggi, membersihkan kamar mandi sering kali ditunda-tunda atau tidak bersih. Bila anda sudah melihat bagian kamar mandi yang berubah warna atau mengeluarkan bau, segera waspadai dan lakukan pembersihan total.

Cara Ampuh Cegah Lumut di Kamar Mandi

Cegah Lumut Dengan Cara Ini!

Jamur dan lumut menyukai tempat lembab. Oleh karena itu lazimnya kamar mandi adalah tempat ideal untuk mereka berkembang biak. Tentu hal tersebut tidak disukai pemilik rumah. Selain tampilan jadi tidak sedap dipandang mata, ada bau yang menganggu serta kerusakan pada bagian tertentu. Selain harus yakin sudah berbesih dengan maksimal, lakukan hal berikut untuk mencegah adanya lumut dalam kamar mandi.

1. Ventilasi

Adanya sirkulasi udara pada ruang kamar mandi, dapat mengurangi tumbuhnya lumut. Ventilator dipasang didinding atau langit-langit, dan dinyalakan ketika ingin mengeluarkan udara yang didalam. Alat ventilator menyedot udara didalam dan mengeluarkannya ke area diluar. Sebagai sirkulasi cahaya dapat digunakan jendela juga berfungsi untuk membiarkan sinar matahari masuk pada ruangan dan menghangatkan temperatur dalam ruangan, hingga jamur dan lumut tidak bisa berkembang biak.

2. Shower

Cara lain untuk mengurangi kelembaban adalah mengganti bak mandi dengan shower. Jadi tidak ada air yang tergenang ayang membuat ruagan jadi lembab. Penggunaan shower juga baik sekali karenan dapat menghemat penggunaan air dengan lebih baik dan menjadi solusi praktis untuk kamar mandi berukuran kecil yang minim area.

3. Pisahkan Area Basah Dan Kering

Terlalu banyak area yang basah bisa buat lumutan. Hal ini dapat diatasi dengan membagi area dalam ruangan sesuai fungsinya. Area basah cukup untuk shower atau bak mandi dan area kering untuk mengeringkan tubuh dan berpakaian. Area yang basah juga perlu memperhatikan saluran pembuangannya. Pembersihan rutin bisa menjamin air bekas mandi bisa mengalir dengan baik. Jadi, kamar mandi tidak basah terlalu lama dan menyebabkannya jadi terlalu lembab.

Baca juga: Tips Memperbaiki Plafon Rumah Yang ‘Jebol’ Dengan Biaya Murah Dan Cepat

4. Lapisan anti Lumut dan Jamur 

Sebagai pencegahan untuk ruang mandi yang lembab, penghuni rumah dapat menggunakan lapisan anti air atau epoxy flooring. Selain memberikan efek kilat yang menarik pada permukaan lantai. Area yang biasanya basah akan lebih cepat kering dan bebas dari jamur maupun lumut yang menggangu. Penghuni rumah juga bisa menggunakan fungisida yang dapat dilapisi pada lantai dan dinding kamar mandi lalu dibersihkan dengan menggunakan ampelas.

5. Baking soda

Bila sudah terlanjut ada lumut dalam kamar mandi. Ada berbagai cara untuk mengatasinya. Salah satunya yang pali ampuh adalah pakai baking soda. Dengan mencampur baking soda dengan air, anda cukup mengusapkan cairan tersebut langsung pada bagian berlumut. Dengan sedikit gosokan lumut akan terangkat.

Kamar mandi memang biasa untuk jadi basah. Jadi lumut sangat mudah sekali tumbuh di area ini. Namin, dengan pencegahan sederhana seperti pembersihan rutin dan menjaga kondisi kamar mandi tidak basah terus-menerus bisa jadi solusinya. Terutama karena beberapa solusi tersebut sangat mudah dilakukan dengan harga terjangkau. Harga cat epoxy, waterproofing, cairan pembersih atau lapisan anti jamur semua dapat dibeli dengan harga terjangkau. Pastinya lebih mudah memelihara ruangan dari pada harus memusnahkan lumut yang terlanjur merajalela. Selain terlihat kurang sedap dipandang mata juga kurang baik bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *