Ulasan Harga & Kualitas Pasir

Ulasan Harga & Kualitas Pasir

Sebagaimana mesin pada mobil, pasir sangat penting dalam sebuah konstruksi bangunan. Pasir adalah material yang berupa butiran-butiran seperti yang sering ditemukan di pinggir pantai. Beberapa pasir di Indonesia dibentuk dari batu kapur sehingga secara kualitas termasuk cukup baik. Pasir ini juga penting dalam sebuah konstruksi karena ini adalah bahan bangunan yang jika dicampur bersama semen dan air akan mampu untuk merekatkan struktur bangunan. Bisa juga menjadi bahan dasar batako dan batu bata.

Asal mula pasir juga tidak hanya hasil tambang alam. Pasir untuk industri juga dibuat dari pabrik. Melalui proses penggilingan khusus material pembentuk diolah dan dihaluskan.

Ragam Jenis Pasir di Bidang Konstruksi

Jenis pasir beragam berdasarkan asal muasalnya dan fungsinya, Berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Pasir Beton

Berwarna hitam dengan butiran yang halus, tidak menggumpal secara kualitas pasir beton ada di uratan jenis pasir dengan mutu terbaik. Sehingga tak heran jika harga pasir ini cukup mahal.

Fungsinya:

Secara umum dimanfaatkan untuk merekatkan dan menguatkan material bangunan lain.

2. Pasir Pasang

Secara tekstur lebih halus dari pasir beton. Bisa menggumpal dan harganya lebih murah dari pasir beton.

Fungsinya:

Pasir pasang punya fungsi lebih baik apabila dipasangkan dengan pasir beton. Campuran keduanya sangat baik dan kuat sebagai dasar pondasi sebuah bangunan.

3. Pasir Elod

Pasir elod adalah pasir yang mengandung tanah dengan warna hitam. Lebih halus dari pasir pasang apalagi pasir beton. Jika pasir dikepalkan dengan telapak tangan akan menggumpal dan tidak buyar.

Fungsinya:

Bahan utama pembuatan batako.

4. Pasir Sungai

Pasir Sungai

Seperti namanya, ini adalah jenis pasir yang ditemukan di area sungai.dan biasanya merupakan hasil kikisan dari batuan sungai yang keras serta tajam. Butirannya tidak sehalus pasir elod dan juga tidak seperti pasir beton. Kurang lebih seperti pasir pasang.

Fungsinya:

Tanpa bantuan campuran pasir jenis lain, pasir sungai dianggap kuat dan tahan lama untuk merekatkan dinding dan pondasi bangunan.

5. Pasir Jebrod

Warnanya beda sendiri diantara pasir-pasir lain. Berwarna merah atau sedikit oranye. Butirannya kasar dan menggumpal. Disebut pasir Jebrod karena asalnya dari daerah bernama Jebrod di Cianjur.

Fungsinya:

Selain untuk merekatkan bangunan, pasir jebrod yang dicampur dengan pasir beton akan menghasilkan pengecoran yang kuat.

Harga Pasir

Saat membeli pastikan perhatikan betul kualitas dari pasir. Juga perlu sedikit ketelitian untuk mendapatkan hasil penggunaan yang memuaskan nantinya. Mengecek kualitas pasir caranya adalah dengan mengambil segenggam pasir, lalu masukan pasir tersebut ke dalam air. Jika pasir dalam kepalan tangan Anda masih menggumpal setelah kena air maka kualitasnya cukup baik. Sifatnya yang ringan membuat pasir menjadi bahan jual-beli yang seringkali penuh tipu daya. Cara memastikan kuantitas pasir yang dibeli sama dengan yang dikirim, saat truk pengangkut pasir datang cek bagian bawahnya apakah ada balok kayu atau tidak. Balok ini biasa ditambahkan penjual agar volume pasir yang dikirim lebih sedikit dari harga yang dibayar.


Baca ini juga: Butuh Marmer? Berikut Daftar Harga Marmer Terbaik Dan Terlengkap


Harga pasir per kubik dijual mulai dari Rp 260.000. Namun beberapa dijual dalam bentuk satu truk atau mulai dari 7 meter per kubik sehingga harganya mulai dari sekitar satu juta hingga dua juta rupiah. Pasir beton yang dijual mulai dari 7 meter per kubik harganya Rp 2.200.000. Harga juga bervariasi tergantung jenis dan asal pasir tersebut. Memang ada baiknya membeli pasir untuk kebutuhan bangunan dalam jumlah sekaligus banyak, karena jatuhnya akan lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *