Tips Memperbaiki Plafon Rumah yang ‘Jebol’ Dengan Biaya Murah dan Cepat

​​​​​​Cara Memperbaiki Plafon Berbahan Gypsum

​​​​​​Cara Memperbaiki Plafon Berbahan Gypsum

Plafon atau eternit merupakan bagian dari atap rumah (langit – langit) yang berfungsi  untuk melindungi rumah supaya tidak terlalu panas atau dingin. Selain itu plafon juga memiliki fungsi lain sebagai dekorasi dalam mempercantik suasana rumah. Di zaman sekarang ini, banyak sekali toko yang menjual bahan bangunan seperti partisi geser, besi atau plafon telah membuat plafon dengan berbagai macam bentuk, seperti melengkung, berundak atau diukir sedemikian rupa supaya terlihat elegan. Namun, apa jadinya jika plafon pada rumah rusak? Berikut tips dalam memperbaiki plafon dengan cepat dan murah.

Memperbaiki Plafon dengan Bahan Multipleks / Lembar Semen dari Asbes

Plafon berbahan asbes atau multipleks ini memiliki bentuk lembaran, sehingga sangat praktis dalam penggunaannya. Jika rumah Anda menggunakan plafon jenis ini dan mengalami kerusakan, maka cara menggantinya sangat mudah karena cukup mengambil lembaran yang rusak dan menggantinya dengan plafon yang baru. Setelah penggantian plafon selesai, maka dapat di finishing dengan cara mengecat kembali lembar plafon yang baru tersebut supaya berwarna sama dengan plafon lama.

Memperbaiki Plafon dengan Bahan Gypsum

Plafon berbahan gypsum dapat dibeli di toko bangunan yang juga jual movable partition dan plafon gypsum biasanya dijual dalam bentuk padat yang sudah dilapisi dengan kertas perekat yang sangat kuat untuk melindungi dari benturan supaya tidak mudah patah, akan tetapi bahan ini dapat dipotong dengan mudah menggunakan gergaji. Apabila plafon rumah Anda menggunakan bahan gypsum, maka bisa menggantinya pada bagian yang rusak saja karena plafon gypsum memiliki keunikan yang dapat dipotong sesuai dengan bagian yang rusak. Caranya hanya dengan memotong bagian plafon yang rusak lalu lubang yang dihasilkan ditambal menggunakan plafon gypsum baru, usahakan memotong dengan ukuran yang pas. Setelah itu, ratakan sambungan dengan menggunakan kompon dan cat kembali dengan warna yang sama.

Memperbaiki Plafon yang Berlumut

Plafon yang Berlumut

Penyebab plafon berlumut berasal dari genting yang bocor, oleh karena itu lebih baik perbaiki dahulu gentingnya supaya air tidak bisa lagi merusak plafon rumah. Apabila penyebab utamanya sudah teratasi, maka plafon dengan bekas lumut  tersebut bisa dibersihkan dengan cara mengecat ulang plafon. Jangan lupa untuk memberikan pelapis waterproof pada genting supaya plafon terhindar dari air penyebab jamur dan lumut.

Baca juga: Terang Tanpa Lampu, Gunakan Tips Ini Pada Ruang Keluarga

Memperbaiki Plafon yang Dimakan Rayap

Plafon yang terserang rayap biasanya plafon yang terbuat dari bahan tripleks. Rayap akan memakan tripleks atau kayu dan akan membuatnya menjadi serbuk. Apabila tidak segera ditangani dengan benar, maka plafon rumah Anda lama kelamaan akan habis dimakan rayap. Untuk penanganan hal pertama yang harus dilakukan adalah membasmi koloni rayap sampai ke akarnya, supaya rayap tidak bisa kembali lagi. Banyak obat pembasmi rayap yang dijual dipasaran atau Anda juga dapat memakai ramuan tradisional dengan mengoleskan oli atau minyak tanah ke area plafon yang di makan rayap.

Masalah yang sering dihadapi oleh pemilik rumah yaitu seputar plafon rusak yang disebabkan oleh rembesan air dan membuat plafon bernoda, bergelombang dan bahkan ‘jebol’. Perbaikan pada plafon yang mengalami kerusakan tidak harus diganti seluruhnya, bisa dengan memperbaiki pada bagian plafon yang rusak saja. Oleh karena itu, profesionalitas tukang dan juga kualitas plafon yang dijual oleh toko bangunan dapat mempengaruhi hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *