Bosan Mengecat Tiap Tahun? Ikuti Tips Ini Agar Cat Tembok Awet

Tips Agar Cat Tembok Awet

Cat tembok merupakan material terpenting dalam membangun rumah dan juga mendesain interior ruangan. Pasalnya, bahan bangunan yang satu ini memiliki pengaruh yang cukup kuat dan menentukan bagaimana tampilan serta nuansa yang akan ditampilkan dari suatu ruangan. Dengan memberikan warna dan melapisi setiap dinding ruangan yang ada di rumah, cat bisa membantu mewujudkan konsep atau tema ruangan yang akan diusung. Misalnya, jika kamu ingin membangun konsep ruangan ceria maka cat yang digunakan adalah warna cerah, tetapi jika menginginkan nuansa yang teduh, pilihlah warna netral yang tidak terlalu cerah dan tidak terlalu gelap juga.

Bagaimana Cara Membuat Cat Tembok Supaya Awet Dan Tahan Lama?

Cat tembok rumah memang rentan mengelupas atau memudar karena mudah sekali terkena noda, berjamur, dan rusak. Kalau sudah seperti ini pasti akan menjadi sangat menjengkelkan karena bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih buruk. Akhirnya, dengan terpaksa kita harus melakukan cat ulang setiap kali tampilan tembok rumah sudah terlihat tak menarik lagi. Padahal, biaya untuk mengecat itu tidak bisa dikatakan murah juga, karena selain harus membeli cat, kita juga harus membayar jasa tukang untuk mengecat tembok rumah tersebut. apalagi bagi orang – orang sibuk yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk mengecat. Maka, menggunakan jasa tukang adalah suatu keharusan.

Tetapi sebenarnya ada cara atau trik yang bisa dilakukan supaya cat tembok menjadi lebih awet dan kamu tidak perlu mengecat ulang dalam jangka waktu yang terlalu dekat. Ini dia tipsnya:

Bersihkan Tembok Sebelum Dicat

Sebelum mulai mengecat, bersihkanlah tembok yang akan dicat dari debu dan noda – noda yang menempel. Tembok yang kotor dan menumpuk banyak debu bisa membuat cat mudah tidak melekat sempurna yang dapat mengakibatkan cat mengelupas di kemudian hari. Kamu bisa membersihkan tembok yang kotor dengan menggunakan cairan berbahan kimia seperti air kaporit supaya benih – benih jamur yang menyebabkan munculnya noda bisa benar – benar mati. Setelah itu, diamkan sampai tembok mengering kemudian mulailah mengecat. Pastikan tembok yang dicat juga memiliki permukaan yang rata. Jika terdapat lubang – lubang di sekitar tembok, tutuplah terlebih dahulu dengan menambalnya menggunakan adukan semen.

Gunakan Cat Berkualitas

Cat yang akan digunakan untuk tembok pastinya berbeda dengan cat kayu atau jenis cat lainnya. Kamu harus menggunakan cat khusus untuk tembok karena dengan begitu cat akan melapisi tembok dengan sempurna sehingga bisa tahan lama. Selain itu, cat seperti ini juga memiliki lapisan serta tekstur yang lebih tebal sehingga bisa lebih tahan dalam melindungi rumah kamu dari perubahan cuaca ekstrim.

cat dulux

Gunakanlah cat dulux yang sudah terkenal dan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Merk cat ini telah dipercaya banyak orang selama bertahun – tahun karena daya tahannya yang maksimal dan varian warnannya juga bisa menciptakan keindahan pada tembok rumah yang dicat.

Perhatikan Cuaca Saat Mengecat

Cuaca juga bisa menjadi faktor yang menentukan bagimana ketahanan cat yang dilapisi pada tembok. Oleh karena itu, perhatikanlah cuaca di sekitar sebelum mulai mengecat. Adapun, cuaca terbaik adalah mengecat disaat cuacanya cerah. Kondisi seperti ini dapat membantu cat mengering dengan lebih cepat. Jangan pernah sekali – kali mencoba mengecat di saat musim hujan atau ketika hujan turun. Keadaan seperti ini nantinya bisa membuat hasil cat menjadi lembab dan mudah rusak.