Ragam Inspirasi Pintu Kaca Simpel untuk Hunian Minimalis

Hunian minimalis merupakan solusi jika Anda tak punya lahan cukup luas untuk membangun rumah. Konsepnya sederhana, ruang-ruang rumah diatur seminimal mungkin tanpa menghilangkan fungsi, kenyamanan, dan keindahannya. Bahkan di tangah arsitek yang tepat, desain rumah mungil Anda masih bisa menyisakan halaman untuk sekadar tempat bersantai atau kegiatan berkebun.

Selesai dengan desain rumah, tentu Anda perlu menata interiornya. Di sinilah Anda perlu berkonsultasi dengan desainer interior rumah supaya mendapatkan komposisi ruang dan furniture yang pas. Termasuk dalam hal pemilihan pintu. Jika umumnya pintu yang dipilih adalah dari kayu, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba memberikan sentuhan berbeda dengan model dari kaca.

Model Pintu Kaca

Ada banyak jenis pintu kaca yang bisa Anda pilih, mulai dari corak kaca dan penutupnya (model geser, atau buka tutup). Tak hanya terbuat dari kaca, ada juga pintu yang dikombinasikan dengan material lain seperti logam, kayu, besi, dan lain sebagainya. Jadi, tak perlu bingung sesuaikan saja dengan ruangannya, cocok dipasang model yang mana.

Model Geser

Pintu kaca geser menawarkan kemudahan saat Anda membuka atau menutupnya. Model geser juga lebih hemat tempat karena tak butuh ruang ekstra saat dibuka atau ditutup. Sebagai saran, jenis geser in cocok untuk pintu kamar mandi, kamar tidur, atau ruang tengah yang menyambungkan ke halaman.

Pintu kaca geser

 

Model Biasa

Pintu model biasa juga tak kalah menarik dibandingkan dengan pintu geser. Model ini sangat cocok jika dipasang untuk pintu ruang utama, seperti pintu rumah dan pintu dapur. Untuk coraknya pemilihan yang tidak tembus pandang mungkin perlu Anda pilih jika ingin privasi terjaga.

Namun, jika Anda tak masalah dengan hal itu pemilihan kaca transparan juga tidak buruk. Saat siang hari, Anda bisa leluasa melihat ke luar rumah tanpa terhalang remang-remang kaca.

Pintu model biasa

Pintu dengan Kaca Bermotif

Model pintu kaca dengan motif akan memberikan kesan artistik tersendiri. Motifnya tentu beragam, mulai dari abstrak, bunga, dan lain sebagainya. Tapi, sesuaikan dengan ruangan. Jika dinding ruangan dilapisi dengan wallpaper maka sebaiknya pilih kaca pintu motif polos saja supaya tidak terlalu ramai.

Pintu dengan Kaca Bermotif

Pintu Kamar Mandi

Mendambakan desain kamar mandi yang lebih menjaga privasi? Coba tambahkan kaca es pada bagian shower. Umumnya obsecure atau kaca es ini dipasang untuk kaca penutup shower, pintu kamar mandi, dan bagian yang memerlukan cahaya serta privasi.

Pintu Kamar Mandi

 

Pintu Lebar dengan Kaca Transparan

Jika Anda suka paparan sinar matahari masuk ke rumah, maka kaca transparan dengan ukuran lebarlah jawabannya. Dengan memasang kaca transparan pada pintu rumah yang terhubung dengan halaman, akan membuat suasana pagi dan sore hari Anda lebih cerah. Anda bisa bersantai di rumah menghadap kaca pintu dan menikmati kesegaran udara, pemandangan taman, dan paparan sinar.

Pintu Lebar dengan Kaca Transparan

 

Pintu Geser Kombinasi

Tak melulu berbahan kaca, model pintu geser kaca yang dikombinasikan dengan kayu, logam, atau material lain juga cocok untuk hunian minimalis Anda. Setidaknya pintu yang dibingkai dengan material lain akan terlihat lebih kokoh. Dari segi harga pun juga lebih murah. Sedangkan untuk ruang yang cocok dengan model ini adalah pintu kamar mandi dan juga kamar tidur.

 

Baca: Perlukah Harga Kursi Kantor Yang Mahal?

 

Walaupun terlihat sepele, pemilihan pintu ini menentukan kesan pertama seseorang ketika memasuki rumah Anda. Jika saat masuk saja sudah disambut dengan pintu yang menawan, mereka pasti akan penasaran dengan bagaimana penmapilan isi hunian Anda.