Pasti Awet, Inilah Prosedur Pemasangan Granit Yang Benar

Pemasangan Granit

Granit adalah bahan bangunan yang sering digunakan untuk melapisi struktur lantai. Jika dibandingkan dengan material lainnya, bahan bangunan ini memiliki keunggulan tersendiri. Yaitu memiliki bentuk yang lebih kokoh, kuat, keras, dan permukaannya yang berkilau. Bahan ini banyak sekali peminatnya dan dijadikan sebagai pelengkap interior seperti meja dapur granit. Meskipun digunakan untuk membentuk meja, sebenarnya pemasangan yang dilakukan sama saja seperti untuk penggunaan lantai ruangan. Jika Anda memang tertarik dan berencana untuk menggunakan bahan bangunan ini untuk melapisi struktur lantai ruangan, maka Anda perlu mengetahui bagaimana cara pemasangannya yang benar supaya rapi dan tidak cepat rusak. Pada umumnya, teknik pemasangannya tak jauh berbeda dengan teknik pemasangan lantai biasa. Hanya, saja Anda perlu lebih teliti dan berhati – hati karena pemasangan harus dimulai dari bagian tengah ruangan.

Prosedur Pemasangan Granit Yang Baik Dan Benar

Persiapan Pemasangan

Pastikan coran atau lantai dasar yang akan dijadikan pondasi benar – benar kering. Jangan pernah sekali – kalinya Anda mencoba memasang granit dalam kondisi lantai dasar yang masih basah. Hal seperti ini dapat menyebabkan masalah karena lantai akan mudah lepas dan pecah di kemudian hari. Ketika Anda sudah meyakini bahwa lantai dasar tersebut telah mengering, buatlah permukaan coran menjadi kasar. Anda bisa menggunakan alat penggaruk seperti balok tipis dan sapu lidi untuk membuat permukaan menjadi cepat kasar.

Baca juga: Inspirasi Pintu Kaca Simpel Untuk Hunian Minimalis

Permukaan lantai dasar yang bagus adalah permukaan yang rata dan tidak terdapat tonjolan seperti bebatuan kecil dan kerikil. Biasanya pekerja bangunan akan memukul – mukul tonjolan tersebut dengan palu kecil supaya menjadi rata. Karena lantai dasar yang tidak rata sangat mengganggu dan menyulitkan saat proses pemasangan granit tile. Cara yang biasa dilakulan pekerja bangunan itu bisa Anda tiru supaya pemasangan keramik menjadi lebih mudah. Setelah kerikil dan bebatuan tersebut dihancurkan, semprot dengan air yang mengalir dari selang agar permukaan lantai dasar menjadi bersih.

Teknik Pemasangan

Teknik Pemasangan Granit

Teknik pemasangan yang benar adalah dimulai dengan membentuk barisan yang memanjang, bukan melebar. Arah pemasangan yang dianjurkan adalah dimulai dari memasang dari sisi bagian dalam dan terus maju sampai menuju ke bagian luar. Artinya, Anda harus memasangnya mulai dari tengah ruangan, kemudian dilanjutkan ke bagian tepi sampai ke daerah pinggir ruangan. Bila pemasangan dilakukan dari bagian luar menuju ke bagian dalam maka hasilnya tidak akan rapih.

Tahap Pemasangan

Buatlah adonan perekat untuk menempelkan keramik granit tile ke permukaan lantai dasar. Biasanya adonan ini dibuat dari campuran semen dan pasir dengan perbandingan komposisi 3 : 1. Campur dan aduk kedua bahan tersebut dengan air, usahakan adonan jangan sampai terlalu lembek supaya tidak terjadi penyusutan yang beresiko ketika sudah mengering. Ambilah adonan perekat, tempelkan pada permukaan lantai dasar, dan kemudian rapikan sampai rata. Setelah itu, buang bagian adonan yang berada di tepi lantai kira – kira sepanjang 1 – 1,5 cm untuk memberikan tekanan dari samping ketika granit ditempel dan ditekan permukaannya. Sebelum dipasang, berikan adonan pada bagian bawah granit yang hendak ditempel kemudian taruh di atas lantai dasar yang sebelumnya telah diratakan dengan adonan perekat. Tekan keramik secara pelan – pelan dan pastikan setiap keramik yang dipasang memiliki permukaan yang rata. Anda bisa mengecek tingkat kerataan tersebut dengan menggunakan waterpass.