Mengenal Jenis dan Pola Plafon Berbahan Glass Fiber yang Memiliki Banyak Kelebihan

Plafon adalah bagian yang biasa disebut sebagai langit-langit rumah. Plafon biasa digunakan sebagai sekat pemisah antara lantai bagian bawah dengan atap rumah. Dengan adanya plafon maka bentuk ruangan rumah membentuk bangun kubus atai balok yang rapi. Rumah menjadi semakin bagus dan indah dengan pemasangan plafon yang sesuai.

Plafon GRC menjadi salah satu jenis plafon yang paling banyak digunakan masyarakat sekarang ini. Berbagai kelebihan yang ditawarkan menjadikan masyarakat tertarik menggunakan jenis plavon yang satu ini.

Pengertian Rangka Plafon

Plafon adalah bagian yang memberikan banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah keindahan dan kebersihan ruangan rumah. Plafon terbuat dari berbagai bahan yang berbeda. Terdapat plafon triplex, GRC, dan semacamnya. Plafon tersebut dibedakan atas bahan pembuat serta rangka penguatnya.

Rangka plafon merupakan bagian penguat dan membantuk memberikan bentuk pada plafon. Rangka ini layaknya tulang pada manusia. Bahan dasar rangka plafon juga berbeda-beda. Kesamaan dari semuanya adalah beratnya. Kebanyakan bahan pembuat rangka plafon terbuat dari bahan yang ringan.

Bahan yang terlalu berat tentu akan menjadi beban dan membahayakan. Pemasangan plafon pada bagian atas adalah alasan pemilihan barang yang ringan. Rangka plafon yang terbuat dari glassfiber sangat dicari sekarang ini. Kekuatan dan berat yang tidak terlalu besar menjadi alasannya.

Macam-Macam Pola Plafon

Plafon memiliki berbagai bentuk dan pola yang berbeda. Pola-pola unik pada plafon inilah yang dapat menambah kesan indah pada ruangan. Beberapa pola atau model plafon antara lain.

1. Plafon Gantung

Plafon gantung dibuat menggantung pada atap rumah. Plafon model ini biasanya diaplikasikan pada tempat-tempat tertentu. Tempat makan atau gedung besar perkumpulan juga biasa menggunakan plafon model gantung. Keindahan dan kecantikan yang dihasilkan mampu membuat tamu nyaman dan betah berlama-lama.

2. Pola Melingkar

Plafon melingkar biasanya terbuat dari gypsum. Padahal jenis plafon lain juga dapat dibentuk dengan pola yang beragam. Pola lingkaran bukan saja milik plafon gypsum tetapi bisa diaplikasikan dengan plafon jenis lain.

Plafon melingkar yang menjadikan lampu sebagai titik pusat lingkaran cukup menarik. Ruangan akan terlihat lebih futuristic dan elegan. Ditambah pencahayaan yang terang dengan lampu yang mahal. Maka kesan mewah menjadi semakin kuat dan kental.

3. Pola Ukiran Daun

Plafon dibuat bukan hanya dengan satu model dan bentuk. Jadi pemilik rumah dapat melakukan banyak hal dengan memilih berbagai model plafon yang paling disukai. Plafon model bunga dapat menjadi pilihan pecinta hunian unik. Hunian dengan banyak corak-corak tumbuhan pasti cocok dipadukan dengan plafon jenis ini.

4. Pola Yin dan Yang

Yin dan Yang adalah perwujudan kebaikan dan keburukan dalam diri manusia menurut kebudayaan Tiongkok. Pola plafon ini pastinya akan mengajak penghuninya maupun tamu berkenalan dengan budaya tradusional. Selain itu keseimbangan dan keserasian didalam ruangan juga dapat dirasakan.

Baca juga: Menetapkan Tinggi Plafon Ideal Agar Suasanan Ruangan Buat Betah Di Rumah

Berbagai jenis plafon dapat dijadikan pilihan ketika akan mendesain langit-langit rumah. Dapat anda temukan di berbagai toko bahan bangunan, atau tempat yang memang khusus jual plafon GRC murah. Plafon berbahan glassfiber ini memang sedang banyak digunakan masyarakat. Kelebihan dari plafon jenis ini adalah ringan, tahan air, awet, mudah dibentuk dan masih banyak lagi. Berbagai kelebihan yang dimiliki berbeda dengan jenis plafon lain. Demikian ulasan mengenai pengertian dan pola plafon yang dapat digunakan. Semoga dapat memberikan informasi positif bagi pembaca sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *