4 Cara Mudah Mengatasi Karpet yang Rusak karena Tertindih

Jika karpet lantai tertindih perabot yang cukup  berat seperti meja dalam waktu yang lama maka akan muncul kerusakan. Karpet memang pada dasarnya bisa berfungsi sebagai pelindung antara lantai dengan perabot agar meminimalkan goresan, hanya saja jika karpet ini tertindih lama biasanya akan rusak, seperti berlubang.

Mengatasi Karpet yang Rusak

Cara Memperbaiki Kerusakan Karpet yang Tertindih

Tidak peduli semahal apapun harga karpet yang dimiliki, jika tertindih benda berat maka akan mudah rusak, khususnya di titik dimana beban berat dari perabot yang menindihnya terdapat. Perlahan area ini akan menipis dan kemudian terbentuk lubang, namun bukan berarti hanya bisa didiamkan begitu saja.

Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kerusakan karpet kesayangan karena terlalu lama tertindih perabot. Berikut beberapa cara yang dimaksudkan:

1. Mengatasi dengan es batu

es batu 

Karpet yang tertindih biasanya akan meninggalkan bekas, seperti cekungan dan akan lebih tipis dibanding bagian lainnya. Mengembalikan bentuknya seperti karpet baru ternyata mudah yakni dengan menggunakan es batu. Cukup letakan es batu secukupnya di area yang rusak tersebut, diamkan beberapa saat sampai es batu mencair.

Perlahan karpet yang tadinya membentuk cekungan tadi akan kembali ke bentuk semula seperti bagian lainnya. Supaya bentuknya lebih sempurna, maka setelah agak kering bisa divakuum terlebih dahulu.

2. Menambal karpet yang berlubang

karpet

Jika karpet lantai yang tertindih perabot ini ternyata sudah dalam kondisi rusak parah sampai terbentuk lubang. Maka untuk mengatasinya hanya bisa dilakukan dengan menambal area yang berlubang tadi. Ambil sisi karpet yang tidak terlihat dengan cara digunting, besarnya bisa disesuaikan dengan ukuran lubang tadi.

Gunakan lem untuk merekatkan potongan karpet tadi, dan tunggu sebentar sampai lem kering dan menempel sempurna. Seketika karpet yang tadinya berlubang akibat tertindih akan kembali ke bentuk semula. Penambalan tak hanya bisa dengan bagian karpet yang rusak, namun bisa pula memakai kain yang warnanya senada.

3. Memakai setrika uap

setrika uap 

Khusus untuk Anda yang memilik setrika uap, maka bisa digunakan untuk memperbaiki karpet yang rusak akibat tertindih. Cukup dekatkan setrika uap ini ke area karpet yang terlihat rusak. Pastikan uap dari setrika keluar, karena uap inilah yang akan membantu mengembalikan bentuk karpet menjadi rata sejajar dengan permukaan sekitarnya.

4. Diatasi dengan sikat gigi

sikat gigi

Jika tidak memiliki setrika uap di rumah, maka karpet yang tertindih juga bisa diatasi dengan memakai sikat gigi bekas. Cara ini praktis dan murah sekaligus mudah, pertama celupkan sikat gigi ke air lalu digosok ke permukaan karpet yang rusak. Sikat perlahan satu arah, dan saat sudah setengah kering tinggal divakuum memakai mesin. Maka bentuknya akan kembali seperti semula dan tidak ada bekas tertindih lagi.

Karpet yang dipasang di bawah membuatnya rentan rusak dan kotor, baik karena debu maupun jenis kotoran lainnya. Mengatasi permasalahan tersebut bisa mencoba salah satu dari beberapa cara yang sudah disebutkan di atas, jadi jangan buru-buru membeli karpet baru di toko karpet lantai langganan.