Memilih Jenis AC yang Cocok untuk Ruangan di Rumah

Seperti yang sudah diketahui, Indonesia termasuk negara tropis dengan suhu panas yang lumayan menyengat, terutama pada siang hari. Jika dahulu kala kebanyakan orang menggunakan kipas demi mengusir hawa panas dari tubuh, sekarang orang-orang sudah beralih ke AC. Dengan menggunakan AC, suhu diruangan kamu akan terasa lebih sejuk dan nyaman. Selain itu, AC juga memiliki banyak fitur di dalamnya yang dapat kamu atur dan lebih mampu untuk menjangkau ruangan yang lebih besar sebab AC memiliki beragam daya yang dapat disesuaikan dengan besarnya ruangan kamu, mulai dari AC ½ PK¸sampai AC 20 PK.

Bukan hanya dayanya saja yang bervariasi, AC juga terdapat beragam tipe. Jika kamu ingin membeli AC untuk beberapa ruangan di rumahmu, kamu perlu mengetahui berbagai jenis AC agar kebutuhan kamu terpenuhi dan kamu tidak salah pilih.

Berbagai Macam Jenis AC

AC Split Wall 

Untuk jenis AC yang dapat ditaruh di ruangan manapun, AC Split Wall dapat menjadi pilihan. Dengan bagian unit indoor dan outdoor yang terpisah, kamu tidak perlu menyiapkan tempat khusus untuk meletakkan AC tipe ini. Cukup dengan pasang unit indoor AC menempel pada tembok dan unit outdoor di luar ruangan, kamu sudah dapat menikmati sejuknya AC. Pendingin ruangan ini juga relatif murah, mudah dicari dan perawatannya tidak sulit.

Apabila kamu merasa risih dengan AC yang terpasang pada dinding seperti AC Split Wall, kamu bisa menjatuhkan hati ke AC Cassette karena unit indoor AC ini terpasang di langit-langit ruangan. Dengan PK yang tersedia mulai dari 1,5-6, AC model ini lebih tepat jika ditaruh di ruang keluarga atau ruang karaoke yang luas ruangannya cukup besar. Untuk memasang AC Cassete, kamu perlu menyediakan teknisi yang handal sebab AC ini tidak dapat dipasang sendirian dan membutuhkan tenaga ekstra.

AC Portable

AC Portable merupakan AC yang dapat dipindahkan kemana saja dengan mudah sebab tidak menempel pada bagian rumah manapun. AC ini memiliki unit indoor yang menyatu dengan kompresornya. Oleh sebab itu, alat pendingin ruangan ini memerlukan pipa untuk membuang hawa panas kompresor dan menghasilkan suara yang lumayan bising. AC ini bisa kamu letakkan di ruangan yang berukuran kecil seperti kamar tidur, dapur atau ruang tamu. Selain mudah untuk diubah posisinya, harga AC ini juga pas di kantong, loh!

AC Standing Floor

Sama seperti AC Portable, AC Standing Floor juga praktis untuk diletakkan di mana saja. Namun, AC model ini lebih berat dan tetap harus menempel pada dinding layaknya AC Split Wall. Dilihat dari fungsinya, AC ini terlihat seperti kipas angin biasa. Namun, untuk cara kerjanya jelas berbeda. Di dalam AC Standing Floor terdapat tempat untuk menampung air yang digunakan sebagai bahan produksi udara sejuk karena cara kerja AC Standing Floor adalah merubah air menjadi udara yang dingin. Karena memiliki PK yang besar, AC ini dapat digunakan untuk di dalam ruangan yang besar bahkan di luar ruangan, sehingga kamu dapat memakai AC ini untuk acara-acara di outdoor misalnya pesta ulang tahun, pesta perayaan anniversary dan pesta khitanan.


Baca ini juga: Motif Wallpaper Untuk Si Putri Kecil


Ingin mempunyai AC namun daya listrik rumah tidak cukup kuat? Kamu tidak perlu risau! Sebab sekarang ini sudah terdapat berbagai pilihan AC LG murah yang dapat mendinginkan ruangan di rumahmu dengan daya listrik yang rendah. Namun, kemampuan AC ini untuk menyejukkan ruangan lebih lambat jika dibandingkan dengan AC biasanya. Bentuk fisik AC Low Watt sama seperti AC Split Wall karena yang berbeda memang hanya daya listriknya saja. Untuk sebuah kamar tidur, kamu bisa menggunakan AC ½ PK Low Watt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *