Berbagai Macam Tirai Untuk Jendela yang Wajib Diketahui

Tirai atau gorden merupakan salah satu dekorasi pada ruangan yang difungsikan untuk mengurangi cahaya yang masuk dari luar ke dalam rumah. Di mana tidak hanya itu saja, gorden sendiri memiliki fungsi agar dapat menjaga privasi penghuni. Tirai jendela juga dapat menjadi nilai tambah akan estetika dari desain interior yang tentu saja harus dapat dipilih dengan benar.

Macam Tirai Jendela

Tirai untuk jendela sendiri ternyata ada beberapa macam jenis, di mana setiap jenisnya memiliki model yang berbeda. Setiap jenis tirai memiliki kelebihan tersendiri yang mana setiap jenisnya dapat dipadukan dengan beberapa tema desain rumah yang diusung. Nah, sebelum membeli tirai ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu macam-macam tirai untuk jendela.

Macam Macam Tirai untuk Jendela Rumah 

Mengenal berbagai macam tirai untuk jendela sangatlah penting agar kamu bisa menentukan model yang tepat.

Setiap model memiliki keunikan tersendiri yang tentu saja dapat membuat ruangan semakin stand out. Nah, ini dia beberapa macam tirai jendela yang perlu kamu ketahui:

1. Tirai horizontal

Tirai horizontal

Jenis gorden jendela yang pertama adalah gorden horizontal. Gorden yang satu ini bisa juga disebut sebagai kerai, di mana bahan yang biasanya digunakan adalah aluminium, kain, kayu atau bambu. Tipe dari tirai yang satu ini biasanya digunakan untuk jendela-jendela pada rumah minimalis.

Baca juga: Mengetahui Perbedaan Vertikal Blind Dan Horizontal Blind

Tirai horizontal ini juga digunakan pada jendela yang tinggi, di mana cara kerja dari tirai ini memang memudahkan penghuni untuk menggulung atau membuka tirai. Bentuknya sangat estetik terlebih jika menggunakan bahan bambu yang tentu dapat memberikan kesan alami yang sangat kental.

2. Roman blind

Roman blind

Jenis tirai jendela yang selanjutnya adalah roman blind. Jenis tirai atau gorden yang satu ini terbilang unik dan simple, di mana untuk membukanya kamu hanya perlu menaikan tirai pada level tertentu dan menyebabkan tirai memiliki lipatan yang terlihat cantik.

Tentu saja tirai ini juga sangat cocok untuk jenis rumah minimalis, apalagi jika kamu memilih motif yang tepat maka akan menampilkan sebuah dekorasi unik pada ruangan.

3. Roller blind

Roller Blind

Nah, kalau jenis tirai jendela roller blind yang satu ini memiliki cara yang sedikit berbeda walaupun juga mirip dengan tirai horizontal. Hanya saja jenis yang satu ini perlu ditarik ke bawah terlebih dahulu baru tirai akan ke atas secara otomatis. Model tirai yang satu ini sangat cocok untuk diletakan pada jendela dapur yang memberikan kesan sederhana dan nyaman. Tapi kamu juga bisa menggunakannya pada jendela kamar ataupun ruang tamu yang memiliki desain minimalis.

4. Tirai sheer

Tirai sheer

Jika kamu ingin mendapatkan suasana berbeda dari sebuah tirai, mungkin tirai bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Jenis gorden yang satu ini transparan, sehingga sangat cocok digunakan pada jendela besar. Kamu akan mendapatkan ruangan yang tetap mendapatkan cahaya yang cukup namun tidak terlalu terang ketika menggunakan jenis tirai yang satu ini.

5. Tirai scarves

Tirai scarves

Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan sebuah tampilan menarik dan artisitik dari gorden, mungkin bisa menggunakan jenis Scarves ini.

Tipe yang satu ini memperlihatkan kreasi kamu dalam menekankan dekorasi untuk tirai. Kamu bisa menggunakan kain yang berbahan lemas dan lembut untuk  bentuk sedemikian rupa pada batang jendela.

Nah, itu adalah beberapa macam jenis dari tirai untuk rumah yang perlu kamu ketahui. Untuk mendapatkan tirai yang tepat, mungkin kamu bisa mengunjungi tempat jual gorden minimalis yang menyediakan banyak sekali model, motif dan warna.