Kenali Penggunaan Glassboard dan Berbagai Ukurannya Di Sekolah!

Era baru sudah memasuki dunia pendidikan dan banyak media pembelajaran yang mengalami perubahan. Salah satunya adalah pengunaan papan tulis kata atau glassboard. Terdapat berbagai jenis papan tulis kaca dipasaran yang jual glassboard dalam berbagai ukuran dan warna. Tidak seperti whiteboard yang berwarna putih atau hitam yang menggunakan marker atau kapur, untuk jenis glassboard warna latar belakanya bisa transparant bahkan warna warni seperti merah, hijau dan ungu.

Inilah Berbagai Ukuran Glassboard Untuk Kebutuhan Sekolah

Sekolah mulai menggunakan glassboard serta mengantikan papan tulis mereka dengan bahan kaca. Kini banyak yang jual papan tulis kaca dengan ukuran yang dapat dipesan khusus sesuai kebutuhan. Layaknya ukuran kelas yang beragam, maka ukuran yang dibutuhkan pun berbeda. Glassboard lebih mudah dibersihkan dan tidak meninggalkan noda whiteboard. Selain itu bila menggunakan projector, gambar terlihat lebih jelas. Selain itu, papan tulis kaca tidak selalu digunakan untuk belajar diruang kelas, banyak penggunaan lain disekitar kelas yang tidak kalah pentingnya.

1. Magnet Papan Tulis Kaca – Buletin Board

 

Papan Penggumuman yang diletakan dilorong sekolah cocok juga menggunakan papan tulis jenis kaca ini. Selain itu terdapat jenis papan tulis yang juga memiliki magnet. Dengan demikian pengumuman apapun yang ditempel dibuletin board dapat menggunakan magnet dan tidak merusak lapisan kacanya. Agar tampak menarik, gunakan latar belakang berwarna seperti biru agar papan pengumuman jadi terlihat lebih atraktif.

2. Papan Tulis Kaca Portable

 

Papan yang dapat dipindah-pindahkan ini memiliki tiga buah papan yang menyatu namun dapat dilipat, Selain itu terdapat roda dibagian bawahnya untuk memudahkan memindahkannya. Papan tulis kaca jenis ini sangat cocok untuk ruangan yang besar atau kala ada dua kelas yang harus digabungkan. Bentuknya sendiri memiliki fitur yang cukup tinggi dan biasanya memiliki ukuran berkisar antara 220x90cm atau 190x120cm untuk satuan papan tulisnya. Pengunaanya lebih variatif dibandingkan papan tulis lainnya yang dipasang permanen pada dinding.

3. Papan Tulis Ekstra Panjang

 

Kini sekolah mengenali pentingnya kerja kelompok dan ruangan untuk megkoordinir kegiatan diskusi kelompok tersebut. Oleh karena itu papan tulis dengan ukuran sangat panjang seperti 120x420cm dipasang mengelilingi ruangan. Dengan menggunakan glassboard yang warna warni membuat ruangan lebih ceria dan semangat. Demikian pula dengan perabotan lainnya yang juga dibuat lebih bewarna.

Baca ini juga: Menetapkan Tinggi Plafon Ideal Agar Suasanan Ruangan Buat Betah Di Rumah

4. Papan Tulis Gallery 

 

Ukuran terkecil 25x25cm merupakan ukuran umum yang biasa digunakan untuk menjadi papan tulis bagi anak-anak. Seperti ide taman kanak-kanak ini yang menyediakan Papan tulis kaca dengan ukuran mungil dan berwarna-warni untuk menghidupkan aura sepi yang diperolehnya.Selain itu anak menjadi lebih kreatif dan semangat walau hanya menambahkan papan tulis kaca sebagai media bagi siswa untuk berkreasi dan berbagi.

5.  Papan Catatan 

 

Papan tulis tergantung bisa juga dilengkapi dengan marker dan penghapus holder. Selain mempermudah pengunaan glassboard kala mengajar, terdapat papan lain yang jauh lebih kecil. Papan catatan atau notes board menuliskan pengumuman apa saja yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi antara guru dan murid tanpa menganggu papan tulis untuk mengajar. Ukurannya kecil bisa 35x35cm atau lebih kecil lagi seperti 25x25cm. Namun biasanya bentuknya kotak atau persegi dan terlihat jelas disamping papan tulis.

Demikianlah beberapa penggunaan papan tulis kaca dan juga ukurannya yang beraneka ragam. Penggunaannya di sekolah dapat mengakomodir berbagai fungsi dan kebutuhan. Tambahan warnanya yang cerah menambah semangat belajar bagi siswanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *