Kekurangan Penggunaan Epoxy Lantai yang Harus Kamu Ketahui

Banyak pilihan mengenai lantai untuk bangunan agar terlihat bagus dan kuat. Epoxy floor atau lantai epoxy biasa menjadi pilihan terbaik bagi kontaktor – kontraktor dalam membangun sebuah bangun khususnya di perusahaan-perusahaan mau itu hotel, apartemen, dan sebagainya. Meskipun terdapat banyak pilihan untuk penggunaan lantai seperti vynil dan keramik lainnya namun penggunaannya selalu menjadi pilihan terbaik. Banyak perusahaan menggunakan lantai epoxy karena memiliki ketahan yang kuat terutama ketika ada aktifitas yang membawa alat – alat beban berat.

Banyak orang yang menganggap harga epoxy itu sangat mahal, namun hal tersebut tak bisa ditampik memang sudah menjadi hal yang wajar bila dianggap mahal karena kualitas yang diberikan dari epoxy sangat bagus. Meskipun begitu masih banyak juga yang menawarkan jasa epoxy namun tetap berkualitas standar. Selain itu lantai epoxy terlihat bersih dan selalu mengkilap, epoxy lantai tidak mudah retak. Maka dari itu lantai epoxy biasa digunakan untuk di kantor karena bersih mengkilap, dan fungsinya sangat berguna untuk menahan beban dari beton.

Kekurangan Lantai Epoxy

Kekurangan dari lantai epoxy yaitu selain harga epoxy yang lumayan agak mahal, lantai ini juga licin. Selain itu bau yang menyengat dari lantai tersebut terkadang sangat menyengat terutama diawal pemasangan. Hal itu sebenarnya sangat wajar karena epoxy terbuat dari bahan kimia. Maka dari itu lantai epoxy harus segera dibersihkan  setalah selesai dipasang agar baunya cepat hilang.

Selain itu, bila lantai epoxy selalu terkena air atau terendam terlalu lama akan mengakibatkan lanntai retak dan mengelupas. Beban pun bila terlalu sering membebani lantai epoxy ada kemungkinan merusak lantai dengan cepat. Goresan – goresan pada lantai pun akan nampak pada permukaan lantai epoxy. Maka usahakan buatlah bangunan yang terbebas dari air yang tidak mengalir karena tergenangnya air sangat berpengaruh buruk pada lantai. Usahakan pula terdapat saluran air yang baik agar air tidak tergenang dan merusak lantai epoxy.

Dalam penggunaan lantai epoxy biasakan permukaan yang akan dilapisi epoxy agar dikeringkan terlebih dahulu agar epoxy lantai terpasang dengan baik pada permukaan lantai dasarnya, bila tidak dikeringkan terlebih dahulu lantai akan mengalami pengelupasan dan terlihat buruk. Meskipun harga epoxy relatif mahal namun kulitas menjanjikan, hal menjanjikan dengan kualitas bagus pun harus diperhatikan dengan lebih baik agar lantai selalu terjaga dan awet. Licin yang terdapat dalam lantai epoxy juga mungkin suatu kekurangan yang cukup harus diperhatikan karena dapat membahayakn pejalan kaki bila tak ada papan peringatan.

Baca juga: Lebih Artistik Dan Elegan Dengan Mengaplikasikan Pintu Lipat Pada Kantor

Bau komponen kimia dari lantai epoxy pun harus diperhatikan untuk kenyamanan lingkungan, karena bau yang menyengat dari lantai epoxy akibat komponen kimia bisa mengganggu pejalan kaki. Pembersihan menggunakan sabun harus selalu dilakukan agar bau tersebut tidak terlau menyengat, selain itu pewangi ruangan harus digunakan agar dapat meminimalisir bau yang keluar dari komponen kimia pada lantai epoxy.

Maka dari itu jika ingin menggunakan lantai epoxy, harus memiliki perhatian lebih agar segala kekurangan yang terdapat pada lantai epoxy terminimalisir. Bila tak memperhatikan kekurangan tersebut, hal-hal yang membuat tak nyaman pejalan kaki akan terjadi dan itu tak menguntungkan bagi lingkungan sekitar.