Tahap Runut Cara Memasang Dinding Partisi Gypsum

Masyarakat dominan menilai bangunan maupun rumah mulai dari dindingnya. Apalagi desain dinding yang menarik membuat daya tarik tersendiri dan menjadikan seseorang betah berlama-lama dalam bangunan tersebut. Selain membuat penghuni rumah nyaman dan aman, dinding menjadi hal penting mempercantik ruangan dan peredam kebisingan. Tak heran banyak orang rela membuat dinding dengan berbagai material seperti beton dan lain-lain. Salah satunya yang menjadi incaran masyarakat adalah dinding menggunakan partisi gypsum.

Cara Memasang Dinding Partisi Gypsum

Selain itu termasuk alat dekoratif dan multifungsi karena tahan api dan digemari masyarakat. Bahkan keberadaannya dapat dipindah  tempatkan sesuai keinginan karena termasuk suatu papan penyekat atau pemisah ruangan yang bersifat fkelsibel. Untuk itulah keberadaannya lebih menguntungkan daripada penyekat ruang tradisional, tentunya cara pemasangannya pun mudah dan tidak memberatkan pekerja.

Cara Memasang Dinding Partisi Gypsum

Sejatinya, dalam pemasangan dinding diperlukan list gypsum agar hasilnya indah dan tertata rapi. Untuk itulah sebelum memasang wajib memperhatikan cara pemasangan yang baik dan antar pekerja saling bekerjasama. Dengan begitu, rumah maupun bangunan akan tampil menjadi hunian minimaalis dan menarik dipandang. Bahkan untuk bangunan perkantoran maupun badan usaha dapat menambah relasi bisnis karena memiliki dinding yang menyejukkan mata.

Untuk itulah dibawah ini ada cara memasang dinding gypsum yang dapat dijadikan acuan. Apalagi proses pemasangannya juga praktis dan tidak memberatkan, diantaranya adalah:

1. Membersihkan Lokasi Pemasangan Dan Mengukurnya

Cara pertama yang wajib dilakukan sebelum memulai memasang adalah membersihkan lokasi pemasangan dari debu maupun sarang laba-laba walaupun sedikit. Selain itu pindahkan terlebih dahulu semua perabotan agar proses pengerjaan berjalan cepat tanpa kendala. Selain itu wajib mengukur lebar dan tinggi ruangan agar saat dipasang tidak kekecilan atau keberatan.

2. Memotong Dan Memasang Rangka Dengan Benar

Untuk memberikan profil gypsum yang unik dan menarik, wajib memperhatikan pemotongan rangka dengan benar. Hal ini sangat berpengaruh pada hasil pemasanagan yang menarik dan indah. Untuk itu potonglah rangka sesuai tinggi dan lebarnya dan jangan lupa tentukan jarak idealnya. Setelah itu pasanglah sesuai tanda yang telah dibuat dan pastikan posisinya dengan benar.

3. Memasang Papan Gypsum Menggunakan Sekrup

Cara ketiga adalah memasang papan menggunakan sekrup pada salah satu sisi rangka. Setelah itu wajib memeriksa dengan teliti agar tidak ada kesalahan pemasangan. Kemudian pasang lagi papan pada kedua sisi rangka secara bertahap dimulai dari salah satu sisinya.

4. Memasang Instalasi Listrik Dan Lainnya

Cara ke empat adalah memasang instalasi telepon dan listrik agar dinding menjadi hidup dan menawan. Untuk itu diperlukan list gypsum saat proses pemasangan agar tertata rapi. Kemudian rapikan kebel-kebl instalasi dengan mengikatnya agar tidak membahayakan.

5. Memasang Papan Gypsum Pada Sisi Sebaliknya

Memasang Papan Gypsum

Selanjutnya memasang papan gypsum pada sisi sebaliknya agar instalasi telepon dan lain-lain agar semuanya instalasi tertutupi. Kemudian tempelkan textile tape ke setiap sambungan antar gypsum. Terutama pada kepala sekrup agar aman dan penghuni rumah aman.

6. Haluskan Dan Rapikan

Cara terakhir adalah menghaluskan bagian-bagian menggunakan ampelas agar terlihat minimalis dan elegan. Agar dinding gypsum semakin menawan dapat menggunakan cat atau bahan pelapis lainnya yang senada dengan dinding maupun furniture agar tampilannya menyatu.

Baca ini: Jual Semen Harga Murah April 2019

Manfaat partisi gypsum memang banyak dan tidak memberatkan masyarakat. Selain membandrol harga yang terjangkau, proses perawatannya juga mudah dilakukan, bahkan tatkala terdapat kerusakan tidak terlalu memberatkan pemilik bangunan. Tentunya dengan banyaknya desain yang menarik dan bebas dipilih, keberadannya dapat ditemukan di toko-toko bangunan terdekat.