Begini Loh Caranya Membuat Ruang Belajar Anak di Rumah yang Membuat Nyaman Belajar

Salah satu dari banyak cara agar anak-anak senang dan mau belajar adalah menciptakan ruang yang nyaman untuk mereka. Kalau ruang belajarnya membuat mereka bosan, jelas kegiatan belajar juga tidak akan berjalan dengan lancar. Jika hanya ada kursi dan meja saja, maka anak tentu lebih memilih belajar di dalam kamar mereka, sambil duduk di atas kasur atau menonton televisi. Mengenai hal ini, pernah enggak ayah atau ibu terpikir bagaimana caranya membuat ruangan belajar yang efektif untuk anak. Kalau belum, mari simak tips dan trik di bawah ini ya!

Carilah Lokasi yang Tepat

Lokasi yang tepat di sini adalah ruangan yang tepat untuk dijadikan sebagai ruang belajar anak. Dalam membuat hal ini, kamu harus menerapkan prinsip real estat untuk ranah area pekerjaan agar proses pembuatannya lebih sukses. Kamu tentu tak mungkin membuat ruang belajar terletak di paling ujung alias pojokan rumah, karena hal tersebut bisa membuat anak bolak-balik yang berakhir dengan malas kembali ke ruangan. Saat merancang ruang belajar ini, jangan lupa untuk memikirkan kepribadian seperti apa yang dimiliki oleh sang anak. Pastikan juga kamu menggunakan partisi dinding untuk memisah ruang tersebut, sehingga anak tidak gampang terdistraksi.

Ciptakan Kenyamanan dengan Beberapa Elemen di dalam Ruangan

kamar

Nah, sebagai partisi atau pemisah kamu bisa gunakan partisi dinding gypsum yang bisa meredam suara dari luar. Selain itu, pastikan juga anak akan merasa nyaman dan betah selama mereka berada dalam ruang tersebut dan berhadapan dengan pelajaran. Pastikan bahwa ada banyak cahaya yang bisa masuk ke dalam ruangan, sehingga dalam keadaan lampu tak dinyalakan pun anak masih bisa belajar dengan bantuan cahaya dari luar ruangan. Isi ruangan dengan hal-hal yang mereka sukai, mulai dari hiasan, poster, hingga buku-buku kesenangan mereka.

Pakailah Meja Belajar yang Sesuai dengan Tinggi Anak

Meja Belajar

Partisi dinding sebagai pemisah kedap suara mungkin memang penting, namun yang enggak kalah penting adalah isi dalam ruangan, seperti meja dan kursi belajar. Pastikan bahwa kamu memang mengukur tinggi anak sebelum membuat meja untuk mereka, sehingga anak tak perlu bantuan orang tua saat harus duduk di kursi dan mulai mengerjakan tugas mereka. Atau, kalau misalnya membeli dalam bentuk yang sudah jadi, maka kamu boleh meminta anak duduk di kursi dan meja itu sebelum membelinya. Pastikan bahwa meja dan kursi itu memang pas untuk anak.

Baca juga: Jadikan Rumah Bernilai Estetika Dengan Memperhatikan Desain Interior Dan Eksterior Ruangan

Sediakan Sofa untuk Mereka Istirahat Sejenak

Sofa untuk Istirahat

Jangan pernah memaksakan anak berada dalam ruangan belajar dalam waktu yang lama. Kita sebagai orang dewasa saja bisa bosan kan, apalagi anak kecil yang memang harusnya lebih banyak bermain. Anak yang terlalu lama menatap buku dan pensil akan kehilangan fokus dan malah stress. Untuk menghindari itu, kamu bisa menyediakan sofa atau tempat duduk kecil yang memungkinkan untuk anak beristirahat saat mereka capek mengerjakan tugas.

Bagaimana, apakah sekarang kamu sudah siap membuat anak-anakmu betah dan nyaman belajar? Sekali lagi hal yang penting adalah partisi dinding ruangan, pencahayaan, ukuran meja dan kursi, serta dekorasi yang membuat anak betah berada dalam ruangan itu.