5 Tipe Gordyn untuk Jendela yang Bisa Memperindah Rumah Anda!

Jika dilihat secara sekilas, mungkin gorden untuk jendela di rumah Anda bukanlah sesuatu yang harus terlalu diperhatikan. Meskipun demikian, kesesuaian gorden dengan desain ruangan Anda sangatlah menentukan bagaimana kesan rumah interior rumah Anda nantinya. Agar Anda bisa menyesuaikannya dengan interior rumah, maka perlu sekali dalam mengetahui tipe-tipe gorden ini. Nah, tipe apa sajakah itu?

Gordyn Tipe Draperies

Gordyn Tipe Draperies

Tipe gorden yang pertama adalah draperies. Merupakan salah satu jenis gorden yang sangat dekoratif juga membuat ruangan jadi lebih menarik. Biasanya pada kainnya disematkan bahan akrilik di bagian lipatan. Akrilik ini bisa membuat ruangan jadi lebih hangat meskipun sedang berada pada cuaca yang dingin.

Tak hanya itu, tambahan bahan ini dapat meredam suara serta menghalangi cahaya yang terlalu terik masuk ke dalam rumah. Tipe draperies ini disebut juga sebagai desain gorden thermal curtain akibat sifat-sifatnya tersebut. Bahkan motif-motifnya pun sangat cantik, simpel dan mempunyai permukaan cukup bergelombang. Namun, tipe ini mempunyai masa yang lebih berat dari tipe yang  lain.

Gorden Tipe Sheer

Gorden Tipe Sheer

Tipe  selanjutnya adalah sheer yang cocok Anda aplikasikan pada ruangan umum atau sifat privatnya lebih sedikit. Biasanya gorden tipe ini hanya digunakan sebagai kain pelapis karena bahannya yang memang tipis dan menerawang. Bahan yang digunakan adalah voile baik berwarna putih polos maupun putih bermotif sehingga lebih indah.

Anda bisa menyematkan gordyn minimalis jenis ini pada ruangan tamu, atau ruang lainnya yang tidak terlalu privat. Namun, Anda juga bisa menambahkan kain pelapis lainnya jika dirasa terlalu tipis dan menerawang.

Tipe Valances

Tipe Valances

Mempunyai bentuk berombak dengan mengutamakan nilai estetik yang sangat tinggi. Tipe gorden jendela yang satu ini merupakan salah satu gorden yang sangat fungsional. Biasanya selain mempercantik ruangan, juga untuk menutupi bagian jendela yang kurang indah untuk dilihat. Untuk warna yang digunakan, tentunya sangat beragam dan Anda bisa menyesuaikannya dengan warna ruangan.

Tipe Eyelet

Tipe Eyelet

Tipe gorden selanjutnya adalah eyelet yang biasanya disematkan ring-ring besi yang mana digunakan untuk tempat menggantungkan batang jendela. Untuk tipe yang satu ini, biasanya dibuat dari kain maupun tirai gorden berbahan ringan. Karena terdapat ring, maka gorden ini lebih mudah digerakan atau digeser.

Baca juga: Keunggulan Dan Kekurangan Lantai Dari Parket

Tipe ini cocok disematkan di ruangan kamar tidur baik bergaya modern maupun ruangan konvensional. Selain itu, motif dari tipe eyelet ini sangat beragam dengan warna yang cenderung terang bercampur warna soft. Anda bisa menyesuaikan pewarnaannya dengan warna cat pada dinding. Jika motifnya gambar abstrak, maka bisa menyesuaikan dengan pilihan warna yang senada dengan dinding rumah Anda.

Tipe Rod Pocket

Tipe Rod Pocket

Jika Anda mempunyai ruangan yang jarang digunakan, maka penggunaan gorden tipe rod pocket ini bisa dijadikan pilihan. Biasanya gorden tipe ini difungsikan sebagai pembatas sehingga jarang dibuka-tutup. Meskipun bagi beberapa kalangan menggunakan tipe gorden ini sebagai gorden pada biasanya. Penggunaan gorden sebagai pembatas ini dikarenakan motifnya yang cukup unik.

Bahan kain gorden jenis ini pun cenderung lebih ringan namun memiliki tingkat ketebalan yang tidak menerawang. Bisa Anda aplikasikan untuk menutupi jendel di ruangan yang lebih privat. Sifatnya pun lebih fleksibel dan masih bisa membuat sinar matahari masuk sehingga tidak terlalu memberikan kesan sumpek pada ruangan.

Itulah beberapa tipe gorden yang bisa Anda pilih untuk diaplikasikan pada jendela ruangan rumah Anda. Apapun tipe gordennya, sesuaikan dengan desain ruangan dan juga pewarnaannya yang tepat. Hal ini guna memberikan nuansa keindahan yang sempurna dan juga nyaman bagi penghuninya.